Sosialisasi Pendidikan Pemilih Di kalangan Pemilih Pemula, Agar Pengetahuan Pemilu Terbentuk Lebih Awal

Ditulis pada Rabu, 13 September 2017 oleh: admin

Dalam mengisi kekosongan waktu setelah penyelenggaran Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden Tahun 2014 lalu Pemilu Kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Serang dan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Banten, KPU Kabupaten Serang menyelenggarakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih, dengan slogan “Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas”.

“Agar diketahui masyarakat, selama tidak ada pemilu KPU melakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih agar pengetahuan tentang pemilu tidak hanya terbentuk menjelang  pemilu tetapi jauh sebelumnya sehingga masyarakat lebih paham dan siap dalam pelaksanaannya”, kata narsumber Zaenal Muti’in, MA, dalam Sosialisasi Pendidikan Pemilih di Gedung SMK Bina Machmud, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Senin (9/11/2017).

Zaenal Muti’in, MA, yang juga merupakan Anggota KPU Kabupaten Serang Divisi Data informasi dan Program menambahkan melalui pendidikan pemilih diupayakan agar masyarakat semakin paham dan tidak apatis terhadap politik maupun pemilu, sehingga diharapkan terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam setiap pemilu.

“Melek politik bukan hal tabu, pemilu adalah salah satu komponen dari politik, pemahaman yang lebih baik mengenai pemilu akan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, karena tujuan pelaksanaan pemilu sendiri adalah untuk kepentingan masyarakat”, tambah narasumber yang juga merupakan Dosen di IAIB Serang-Banten.

Peserta sosialisasi merupakan pelajar dengan usia 15 tahun sampai dengan 17 Tahun yang pada tahun 2019 merupakan bagian dari Warga Negara Indonesia yang memiliki hak untuk memilih dan dipilih. Dari pihak KPU Kabupaten Serang hadir pula Kasubag Perencanaan data dan program M. Rohman, S. Sos di damping pelaksana KPU Kabupaten Serang , sekaligus sebagai moderator pada kegiatan ini.

Dalam sesi tanya jawab peserta yang hadir mengeluhkan permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang kerap terjadi dalam pelaksanaan pemilu, dimana orang yang telah meninggal dan dicoret di DPT kembali muncul pada pelaksanaan pemilu berikutnya. Menanggapi hal ini narasumber mengatakan memang sering terjadi demikian dan KPU selaku penyelenggara akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah selaku penyedia data penduduk yang dijadikan dasar penyusunan (DPT) tersebut. Upaya lain yang telah dilakukan adalah dengan membuat sistem pengelolaan daftar pemilih berbasis komputer (IT) sehingga dapat meminimalisir kejadian tersebut.

Sebagai penutup, Zaenal Muti’in menghimbau kepada pemilih pemula yang hadir di kegiatan tersebut agar sudah mulai mempersiapkan diri dengan pengetahuan dan wawasan pada  penyelenggara pada pelaksanaan Pemilu Legislatif dan pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 yang sedianya diselenggarakan bulan April tahun 2019 nanti

Acara ditutup oleh Kepala SMK Bina Machmud Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang dengan mengharapkan kepada setiap peserta yang hadir agar menggetoktularkan apa yang didapatkan dari kegiatan sosialisasi ini kepada masyarakat atau orang-orang disekitarnya, sehingga semakin banyak masyarakat yang terbuka wawasannya mengenai pentingnya pelaksanaan pemilu

  

Komentar: 0 Bagikan: Share on Google+ Cetak: Kategori: Berita Daerah, Berita Nasional

Sosialisasi Pendidikan Pemilih Di kalangan Pemilih Pemula, Agar Pengetahuan Pemilu Terbentuk Lebih Awal

Dalam mengisi kekosongan waktu setelah penyelenggaran Pemilu Legislatif, Pemilu

Persiapan Pelaksanaan Pendidikan Pemilih

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pendidikan Pemilih, KPU Kabupaten Serang laku

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum telah disahkan dan ditandatangani oleh Presiden RI

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum telah disahkan dan ditan


Tinggalkan Komentar


Layanan Informasi

Buku Tamu

 

Poling

Bagaimana tampilan Website KPU Kabupaten Serang saat ini

Statistik Pengunjung

  • 36215 Total Pengunjung
  • 3872 Unique Visitors
  • 97 Jumlah konten
  • 54.224.49.217 IP Anda
  • 02:37, 27/09/2017 Mengakses Sejak