KPU Canangkan Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga

Ditulis pada Selasa, 24 April 2018 oleh: admin

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencanangkan pendidikan pemilih berbasis keluarga. Program ini akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Serang sebagai program strategis yang memberikan pendidikan pemilih secara menyeluruh.

 “Pendidikan pemilih berbasis keluarga ditujukan agar pendidikan tidak bersifat parsial. Selama ini, sosialisasi itu elitis, mercusuar. Tidak menyentuh basis-basis masa, saat ini kita akan melakukan sosialisasi untuk pendidikan pemilih bagi Disabilitas, Perempuan dan Pemula .” tegas Abidin Nasyar, Komisioner  Divisi sosialisasi usai rapat ketersediaan Anggaran Sosialisasi Pemilu 2019, di Aula KPU Kabupaten Serang.

Abidin menyebutkan bahwa berdasarkan kajian yang telah dilakukan, pendidikan pemilih berbasis keluarga merupakan cara paling efektif. Pasalnya, semua segmen pendidikan pemilih terampung dalam institusi keluarga, yakni pemilih pemula, pemilih disabilitas, pemilih perempuan, dan kelompok marginal.

“Kita akan memanfaatkan forum warga. Tidak selalu door to door. Misalnya, di setiap RT (rukun tetangga) ada forum warga yang namanya rapat RT. Setiap yang hadir adalah kepala keluarga. Ini kita manfaatkan,” jelas Abidin terkait bentuk pendidikan pemilih berbasis keluarga.

KPU Kabupaten Serang menginginkan agar masyarakat di seluruh Desa tak hanya mengetahui tanggal pemungutan suara, mengecek diri di daftar pemilih, dan cara memilih yang benar, tetapi juga memahami semua tahap dan proses pemilihan. KPU memiliki kewajiban untuk mendidik pemilih.

“Kita tidak bisa melulu hanya memberi tau ini loh cara mencoblos yang benar. Kita tidak sepakat kalau KPU hanya fokus pada hal-hal teknis,” kata Nana heryatna, Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Serang.

 

Komentar: 0 Bagikan: Share on Google+ Cetak: Kategori: Berita Daerah, Berita Nasional

KPU Kabupaten Serang, sosialisasi pada pelajar pemilih pemula

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang Idrus, S. Fil menja

KPU Canangkan Pendidikan Pemilih Berbasis Keluarga

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencanangkan pendidikan pemilih berbasis keluarga.


Tinggalkan Komentar


Layanan Informasi

Buku Tamu

 

Poling

Bagaimana tampilan Website KPU Kabupaten Serang saat ini

Statistik Pengunjung

  • 183759 Total Pengunjung
  • 25320 Unique Visitors
  • 121 Jumlah konten
  • 54.224.151.24 IP Anda
  • 04:58, 20/05/2018 Mengakses Sejak